KHAERUN NISA (2023) Penerapan Model inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD INPRES BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Text
PENGESAHAN.docx Download (30kB) |
|
Text
MOTTO.docx Download (13kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (16kB) |
|
Text
prakata.docx Download (40kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (31kB) |
|
Text
I.docx Download (25kB) |
|
Text
II.docx Download (56kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (51kB) |
|
Text
DAFATR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (4MB) |
Abstract
KHAERUN NISA, 2017. Penerapan Model inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD INPRES BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Hasil Penelitian. Dibimbing oleh Nurhaedah,S.Pd.,M.Pd dan Dra.Hj.Johara Nonci,M.,Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA di kelas V SD INPRES BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun rumusan masalahnya ialah bagaimanakah Penerapan Model Inquiry untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di kelas V SD INPRES BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inquiry untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di kelas V SD INPRES BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Inquiry dan hasil belajar siswa pada mata pelajaranIPA. Subjek penelitian adalah satu orang guru kelas dan siswa kelas V SD INPRES BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassa yang berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, tes dan dokumnetasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa pada Kelas V INPRES BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siklus I yang berada pada kategori kurang dan meningkat di siklus II dengan kategori baik dan hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam menerapkan model Pembelajaran Inquiry untuk di setiap siklus yakni pada siklus I berada pada kategori cukup dan meningkat di siklus II dengan kategori baik dan telah mencapai indikator keberhasilan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 00:56 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 00:56 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30276 |
Actions (login required)
View Item |