PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT AND SATISFACTION (ARIAS ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN PANNYIKKOKANG II KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR

ASNI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT AND SATISFACTION (ARIAS ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN PANNYIKKOKANG II KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1 SAMPUL - DAFTAR ISI.docx

Download (92kB)
[img] Text
2 BAB I-V.docx

Download (124kB)
[img] Text
3 DAFTAR PUSTAKA.rtf

Download (60kB)
[img] Text
4 LAMPIRAN.docx

Download (767kB)
[img] Text
5 DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
7 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (44kB)

Abstract

ASNI, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN Pannyikkokang II Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd., M.Pd. dan Dr.Suarlin, S.Pd., M.si pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Pannyikkokang II Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan model ARIAS terhadap Hasil Belajar Matematika siswa kelas V SDN Panyyikkokang II Kecamatan Panakkukang Kota Makassar? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN Pannyikkokang II Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah experiment, dengan tahap pretest, treatment, dan postest. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup model Pembelajaran ARIAS dan variabel terikat mencakup hasil belajar matematika. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pannyikkokang II Kecamatan Panakkukang Kota Makassar dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Pannyikkokang II Kecamatan Panakkukang Kota Makassar dengan jumlah siswa 53 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis independent sample t-test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN Pannyikkokang IIKecamatan Pankkukang Kota Makassar. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran ARIAS memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Pannyikkokang II Kecamatan Panakkukang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:20
Last Modified: 16 Jun 2023 07:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30180

Actions (login required)

View Item View Item