Rahmat Muddin Amirullah (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN BONTORAMBA 1 KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR.
Text
1 Hal.Judul FIX.rtf Download (1MB) |
|
Text
2 BgianDepan.rtf Download (138kB) |
|
Text
Bab I.rtf Download (81kB) |
|
Text
Bab II.rtf Download (193kB) |
|
Text
Bab III.rtf Download (197kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf Download (71kB) |
|
Text
Lampiran.rtf Download (2MB) |
|
Text
dokumentasi.rtf Download (49MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.rtf Download (1MB) |
Abstract
Rahmat Muddin Amirullah, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa kelas V SDN Bontoramba 1 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M.Kes sebagai pembimbing I dan Hj. Nurhaedah, S.Pd M.Hum sebagai pembimbing II, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Bontoramba 1 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Bontoramba 1 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPS pada siswa melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT di kelas V SDN Bontoramba 1 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun fokus dalam penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, dan hasil belajar IPS. Subjek penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas V SDN Bontoramba 1 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar sebanyak 20 orang yang terdiri dari 10 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Bontoramba 1 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari siklus I dengan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa masuk pada kategori cukup, dan nilai rata-rata hasil belajar IPS pada siklus I masuk pada kategori tidak tuntas, selanjutnya pada siklus II aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa masuk pada kategori baik dan nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa berada pada ketegori tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Bontoramba 1 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 03:14 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 03:14 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30137 |
Actions (login required)
View Item |