PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES LANRAKI 2 KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR

AKRAMUNNIZA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES LANRAKI 2 KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1.SAMPUL.docx

Download (23kB)
[img] Text
2.HALAMAN DEPAN perbaikan.docx

Download (56kB)
[img] Text
bab 1.doc

Download (50kB)
[img] Text
bab 2.doc

Download (94kB)
[img] Text
bab 3.doc

Download (67kB)
[img] Text
documentasi.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (13kB)

Abstract

Akramunisa, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si dan Dr. Rohana, M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah proses penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Group Investigation dalam meningkatkan altivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar? dan Apakah Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini untuk Mendeskripsikan dan Mengetahui penerapan model pembelajaran tipe Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran tipe Group Investigation dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa Kelas IV SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar dengan jumlah siswa 23 orang dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus Dengan nilai rata-rata hasil belajar IPA pada Siklus I masuk pada kategori cukup (belum tuntas) dan aktivitas pembelajaran group investigation yang masih kurang, selanjutnya pada Siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa berada pada ketegori baik (tuntas) dan aktivitas pembelajaran group investigation sudah baik. Masih terdapat 2 orang atau 9% siswa yang belum tuntas hasil belajarnya keudian diberikan remedial. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran cooperatif learning tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:44
Last Modified: 15 Jun 2023 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30057

Actions (login required)

View Item View Item