Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V di SD Negeri Labuang Baji II Kecamatan Mamajang Kota Makassar.

Taufiqurrahman (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V di SD Negeri Labuang Baji II Kecamatan Mamajang Kota Makassar.

[img] Text
1. Sub All In.docx

Download (108kB)
[img] Text
2. Isi All In.docx

Download (178kB)
[img] Text
Lampiran 3 Lembar Penilaian Observasi Pretest Eksperimen.docx

Download (21kB)
[img] Text
3. Lampiran All In.docx

Download (17MB)
[img] Text
Lampiran 6 Lembar Penilaian Observasi Posttest Eksperimen.docx

Download (21kB)
[img] Text
Lampiran 7 Lembar Penilaian Observasi Posttest Kontrol.docx

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap keterampilan berbicara siswa. Adapun rumusan masalah yang dikaji yaitu bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran SFE, bagaimanakah gambaran keterampilan berbicara siswa menggunakan model SFE, dan apakah ada pengaruh model pembelajaran SFE terhadap keterampilan berbicara siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran SFE, untuk mengetahui gambaran keterampilan berbicara siswa menggunakan model SFE, dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh SFE terhadap keterampilan berbicara siswa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Labuang Baji II Kec. Mamajang Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunkaan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil observasi pada penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran SFE berlangsung secara baik dikarenakan kategori persentase untuk setiap pertemuannya meningkat. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) lebih kecil dari 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulannya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining di SD Negeri Labuang Baji II Kec. Mamajang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:33
Last Modified: 15 Jun 2023 02:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30054

Actions (login required)

View Item View Item