PENGARUH MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DAN V SDN GUNUNG SARI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

A.WINDA (2023) PENGARUH MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DAN V SDN GUNUNG SARI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (2MB)
[img] Text
2. SKRIPSI.docx

Download (184kB)
[img] Text
5. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (94kB)
[img] Text
3. LAMPIRAN.docx

Download (4MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas IV dan V SDN Gunung Sari I, tidak sebanding dengan hasil belajar matematika yang mencapai nilai ketuntasan 75. Rumusan masalah yang dikaji pada siswa kelas IV dan V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar adalah (1) bagaimanakah gambaran motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika? (2) bagaimanakah gambaran keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika? (3) bagaimanakah gambaran hasil belajar matematika? (4) apakah terdapat pengaruh signifikan motivasi dan keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. (2) gambaran keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. (3) gambaran hasil belajar matematika (4) pengaruh signifikan motivasi dan keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV dan V SDN Gunung Sari I, masing-masing kelas terdiri dari 2 rombel kelas yaitu rombel A dan B berjumlah 123 orang siswa. Sampel dilakukan dengan metode proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel 95 orang siswa kelas IV dan V. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) gambaran motivasi belajar siswa berada pada kategori sangat tinggi (2) gambaran keaktifan belajar siswa berada pada kategori sangat tinggi (3) gambaran hasil belajar siswa berada pada kategori sangat tinggi (4) Motivasi dan keaktifan belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:01
Last Modified: 15 Jun 2023 02:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30044

Actions (login required)

View Item View Item