Andi Hariyanto Haris (2023) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN PANNYIKKOKANG 1 KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR.
Other
Abstrak Download (28kB) |
|
Text
BAB I Revisi.docx Download (36kB) |
|
Text
BAB II Revisi.docx Download (53kB) |
|
Text
BAB III Revisi.docx Download (66kB) |
|
Text
BAB IV Revisi.docx Download (53kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (23kB) |
|
Text
Lampiran 1.docx Download (2MB) |
|
Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx Download (365kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (364kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (303kB) |
|
Text
SAMPUL.docx Download (30kB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Pannyikkokang 1 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Pannyikkokang 1 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimanakah penerapan Pendekatan Matematika Realistik terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Pannyikkokang 1 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan Pendekatan Matematika Realistik dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pannyikkokang 1 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar dengan jumlah siswa17 orang dengan materi sifat-sifat bangun datar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa yakni pada pencapaian siklus I, aktivitas guru berada pada kategori baik sedangkan aktivitas siswa berada pada kategori baik dan pada siklus II, aktivitas guru berada pada kategori baik sedangkan aktivitas siswa berada kategori baik. Hasil belajar siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Kesimpulan penelitian ini adalah pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Pannyikkokang 1 Kecamatan Panakkukang Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 01:49 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 01:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30039 |
Actions (login required)
View Item |