PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SD NEGERI GUNUNG SARI 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

NIRWANA (2023) PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SD NEGERI GUNUNG SARI 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul dkk - Copy.pdf

Download (204kB)
[img] Text
4. Pengesahan Ujian Skripsi (1).pdf

Download (22kB)
[img] Text
BISMILLAH BAB 1-5 R1.pdf

Download (663kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1-2.pdf

Download (731kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3 1.pdf

Download (114kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3 3.pdf

Download (110kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3 4.pdf

Download (115kB)
[img] Text
LAMPIRAN 4-8.pdf

Download (169kB)
[img] Text
LAMPIRAN 9-10.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN 11-16.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap kemampuan membaca siswa SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar tahun ajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental. Desain penelitian ini adalah Nonequivalent Control Grup Design. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dari populasi 350. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes kemampuan membaca kemudian dianalisis secara statistic deskriptif dan statistic inferensial menggunakan uji Independent sample t-Test. Uji normalitas menggunakan Kolmogrov-Smirnov Normality Test dengan nilai Asymp Sig. (2-Tailed) sebesar 0.132 untuk data pretes kelas eksperimen, 0.064 data pretest kelas kontrol dan 0.200 untuk data posttest kelas ekperimen, 0.061 data posttest kelas kontrol. Kemampuan membaca siswa pada tes awal (pretest) kelas eksperimen berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 66.00, pretes kelas kontrol berada pada kategori cukup dengan rata-rata 69.84. kemampuan siswa pada tes akhir (posttest) kelas ekperimen berada pada kategori sangat memuaskan dengan nilai rata-rata 83.73 dan kelas kontrol berada pada kategori memuaskan dengan rata-rata 71.57. Uji hipotesis menggunakan Independent sampel t-Tes dengan p-value Sig. (2-Tailed) yaitu 0.000 < 0.05. kesimpulan penelitian berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan gerakan literasi sekolah (GLS) terhadap kemampuan membaca siswa SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:44
Last Modified: 15 Jun 2023 01:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30038

Actions (login required)

View Item View Item