NIRWANA (2023) PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SD NEGERI GUNUNG SARI 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
sampul dkk - Copy.pdf Download (204kB) |
|
Text
4. Pengesahan Ujian Skripsi (1).pdf Download (22kB) |
|
Text
BISMILLAH BAB 1-5 R1.pdf Download (663kB) |
|
Text
LAMPIRAN 1-2.pdf Download (731kB) |
|
Text
LAMPIRAN 3 1.pdf Download (114kB) |
|
Text
LAMPIRAN 3 3.pdf Download (110kB) |
|
Text
LAMPIRAN 3 4.pdf Download (115kB) |
|
Text
LAMPIRAN 4-8.pdf Download (169kB) |
|
Text
LAMPIRAN 9-10.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN 11-16.pdf Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (92kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap kemampuan membaca siswa SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar tahun ajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental. Desain penelitian ini adalah Nonequivalent Control Grup Design. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dari populasi 350. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes kemampuan membaca kemudian dianalisis secara statistic deskriptif dan statistic inferensial menggunakan uji Independent sample t-Test. Uji normalitas menggunakan Kolmogrov-Smirnov Normality Test dengan nilai Asymp Sig. (2-Tailed) sebesar 0.132 untuk data pretes kelas eksperimen, 0.064 data pretest kelas kontrol dan 0.200 untuk data posttest kelas ekperimen, 0.061 data posttest kelas kontrol. Kemampuan membaca siswa pada tes awal (pretest) kelas eksperimen berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 66.00, pretes kelas kontrol berada pada kategori cukup dengan rata-rata 69.84. kemampuan siswa pada tes akhir (posttest) kelas ekperimen berada pada kategori sangat memuaskan dengan nilai rata-rata 83.73 dan kelas kontrol berada pada kategori memuaskan dengan rata-rata 71.57. Uji hipotesis menggunakan Independent sampel t-Tes dengan p-value Sig. (2-Tailed) yaitu 0.000 < 0.05. kesimpulan penelitian berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan gerakan literasi sekolah (GLS) terhadap kemampuan membaca siswa SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 01:44 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 01:44 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30038 |
Actions (login required)
View Item |