SRATEGI GURU DALAM PEMBINAAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Naslia Rizki Kadar (2023) SRATEGI GURU DALAM PEMBINAAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI NASLIA.docx

Download (297kB)
[img] Text
SKRIPSI NASLIA.docx

Download (3MB)

Abstract

SD Inpres Unggulan BTN Pemda merupakan sekolah berbasis karakter. Pembiasaan pembinaan pendidikan karakter yang diterapkan di SD Inpres Unggulan BTN Pemda dapat dijadikan contoh bagi sekolah lain untuk mewujudkan generasi yang berkarakter dan berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: perilaku siswa SD Inpres Unggulan BTN Pemda, strategi guru dalam membina pendidikan karakter siswa SD Inpres Unggulan BTN Pemda dan faktor pendukung dan penghambat strategi pembinaan pendidikan karakter siswa SD Inpres Unggulan BTN Pemda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deksriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Menetapkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data sebagai bahan pembanding dan analisis data dimulai dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku siswa SD Inpres Unggulan BTN Pemda sudah baik dan sesuai dengan nilai-nilai dalam pendidikan karakter, strategi guru dalam pembinaan pembinaan pendidikan karakter siswa SD Inpres Unggulan BTN Pemda antara lain: pendekatan personal, pembiasaan yang baik, hafalan surah pendek sebagai prayarat dan memberikan teladan yang diimplementasikan melalui kegiatan-kegiatan antara lain: membaca doa, membaca asmaul husna, shalat Dhuha berjamaah, dan shalat Dhuhur berjamaah. Faktor pendukung dan penghambat strategi pembinaan pendidikan karakter siswa SD Inpres Unggulan BTN Pemda: a. faktor pendukung kegiatan pembinaan pendidikan karakter siswa SD Inpres Unggulan BTN Pemda adalah: motivasi dan dukungan dari orang tua, sarana yang lengkap, dan komitmen bersama. b. faktor penghambat kegiatan pembinaan pendidikan karakter siswa SD Inpres Unggulan BTN Pemda adalah: kurangnya kesadaran, dan lingkungan masyarakat (pergaulan).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:26
Last Modified: 15 Jun 2023 01:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30034

Actions (login required)

View Item View Item