PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASILBELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN LIMBUNGPUTERA KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA

ANNISA AULIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASILBELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN LIMBUNGPUTERA KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (150kB)
[img] Text
2. BAB 1-V.docx

Download (86kB)
[img] Text
3. LAMPIRAN.docx

Download (9MB)

Abstract

Annisa Aulia, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Limbung Putera Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa.Naskah Skripsi ini dibimbing oleh ibu Dr. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si dan Dra. St. Nursiah, B. M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Limbung Putera Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran penggunan model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V, (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar IPA siswa kelas V, (3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran penggunan model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V, (2) Gambaran hasil belajar IPA siswa kelas V, (3) Pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian True Experimental Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test pada taraf signifikansi 5% diperoleh p value nilai signifikansi (2-tailed) < taraf signifikansi α (0,05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) berbasis lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Limbung Putera Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:16
Last Modified: 15 Jun 2023 01:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30030

Actions (login required)

View Item View Item