PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 26 MATEKKO KECAMATAN GANTARANG KABUPATEN BULUKUMBA

RIKAS PRATIWI ASMI (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 26 MATEKKO KECAMATAN GANTARANG KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
sampul depan dll rikas.docx

Download (47kB)
[img] Text
file asli skripsi terbaru rikas.docx

Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalahnya adalah (1) apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based introduction (PBI) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 26 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba?. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran problem based introduction (PBI) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 26 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Variabel penelitian ini adalah variabel independen (bebas) yaitu model pembelajaran problem based introduction (PBI) dan dependen (terikat) yaitu hasil belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental design. Teknik dan prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar siswa, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based introduction (PBI) berada dalam kategori sangat baik (SB) dan (b) hasil belajar siswa dengan menggunakan pengajaran secara konvensional berada pada kategori cukup (C). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran problem based introduction (PBI) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SDN 26 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:08
Last Modified: 14 Jun 2023 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29996

Actions (login required)

View Item View Item