PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD INPRES LANRAKI 2 KEC. TAMALANREA KOTA MAKASSAR

Nur Umi Utami (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD INPRES LANRAKI 2 KEC. TAMALANREA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
halaman depan 1.docx

Download (63kB)
[img] Text
bab 1.doc

Download (55kB)
[img] Text
bab 2.doc

Download (95kB)
[img] Text
bab 3.doc

Download (114kB)
[img] Text
BAB 4.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (14kB)
[img] Text
documentasi.docx

Download (319kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA1.doc

Download (33kB)

Abstract

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran discovery dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Lanraki 2 Kec. Tamalanrea Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan metode pembelajaran discovery di Kelas IV SD Inpres Lanraki 2 Kec. Tamalanrea Kota Makassar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Dalam kegiatan pelaksanaan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru kelas bertindak sebagai fasilitator yang memberikan petunjuk kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga tahap kegiatan yaitu, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Kelas IV SD Inpres Lanraki 2 Kec. Tamalanrea Kota Makassar. Pencapaian hasil belajar siswa sudah sesuai dengan yang diharapkan sebab telah memenuhi aspek tingkat penguasaan siswa dan kelulusan belajar siswa. Hasil belajar siswa melalui Metode Pembelajaran Discovey dengan subjek 25 orang siswa, memperoleh skor rata –rata kelas yaitu, 80,4, skor tertinggi 100, skor terendah 60 dengan skor ideal 100.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 06:33
Last Modified: 14 Jun 2023 06:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29984

Actions (login required)

View Item View Item