PENERAPAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES BERTINGKAT LARIANG BANGI I KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

KASMIRA (2023) PENERAPAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES BERTINGKAT LARIANG BANGI I KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul & Lampiran Depan mira.docx

Download (87kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (5MB)

Abstract

Kasmira, 2018, Penerapan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi I Kecamatan Makassar Kota Makassar.Skripsi. Dibimbing oleh Dra Hj. Syamsiah D, S.Pd.,M.Pd dan Drs. Latri, S.Pd., M.Pd : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah penerapan media audio-visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi I Kecamatan Makassar Kota Makassar. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu bagaimanakah penerapan media audio-visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi I Kecamatan Makassar Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan media audio-visual pada siswa kelas IV SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi I Kecamatan Makassar Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat deskriptif. Fokus penelitian ini mengarah kepada aspek guru sebagai penyaji media audio-visual dan siswa sebagai pelajar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi I Kecamatan Makassar Kota Makassar, sebanyak 23 orang siswa, yang terdiridari 10 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui observasi dianalisis secara kualitatif, sedangkan hasil belajar siswa dianalisis secara kuantitatif kemudian dideskripsikan secara sistematis, dimana pada setiap siklusnya mengalami peningkatan hasil belajar siswa, peningkatan terjadi pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup dan menjadi kategori baik pada siklus II. Demikian pula pada aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori sangat kurang dan menjadi kategori baik pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I belum berhasil mencapai ketuntasan secara klasikal yang telah ditentukan dan berada pada kategori kurang. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, dan sudah mencapai ketuntasan secara klasikal dan berada pada kategori baik. Kesimpulan hasil penelitian ini melalui penerapan media Audio-Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi I Kecamatan Makassar Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 06:34
Last Modified: 14 Jun 2023 06:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29983

Actions (login required)

View Item View Item