PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI LARIANG BANGI III KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

HARTINA BASONNA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI LARIANG BANGI III KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul & Lampiran Depan.docx

Download (95kB)
[img] Text
SKRIPSI TINA.docx

Download (1MB)

Abstract

Hartina Basonna, 2018. Penerapan model pembalajaran kooperatif Index Card Match (ICM) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Lariang Bangi III Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Syamsiah D, S. Pd., M.Pd dan Drs. Latri S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Index Card Match (ICM) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada kelas V SD Negeri Lariang Bangi III Kecamatan Makassar Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif Index Card Match (ICM) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Lariang Bangi III Kecamatan Makassar Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakn dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif Index Card Match dan hasil belajar matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Lariang Bangi III yang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru sebagai pengajar. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V. Peningkatan terjadi pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup dan menjadi kategori baik pada siklus II. Demikian pula pada aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori sangat kurang dan menjadi kategori baik pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I belum berhasil mencapai ketuntasan secara klasikal yang telah ditentukan dan berada pada kategori kurang. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, dan sudah mencapai ketuntasan secara klasikal dan berada pada kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri LariangBangi III Kecamatan Makassar Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 06:30
Last Modified: 14 Jun 2023 06:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29982

Actions (login required)

View Item View Item