PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD INPRES PANNARA KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR

Sitti Aminah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD INPRES PANNARA KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL - DAFTAR TABEL.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB I - V.docx

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesulitan belajar yang dialami siswa dalam pembelajaran Matematika yang berdampak pada hasil belajar siswa yang masih sangat rendah yang di sebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor klasik adalah penerapan metode pembelajaran matematika yang masih berpusat pada guru (teacher center), yang mengakibatkan siswa cenderung pasif mendengarkan penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar Matematika materi Statistik antara kelompok eksperimen yang menggunakan model Auditory Intelectually Repetition (AIR) dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan model Auditory Intelectually Repetition (AIR) di SD Inpres Pannara Kecamatan Manggala Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Gorup Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Inpres Pannara yang berjumlah 442 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 78 siswa kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan tekhnik purposive sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan independent simple t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar Matematika siswa antara menggunakan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) dengan tanpa menggunakan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR). Pada kelompok eksperimen hasil belajar Matematika siswa berada pada kategori tinggi, sedangkan pada kelompok kontrol berada pada kategori sedang. Hasil analisis Independent Sample T-Test nilai posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukan hasil Sig. (2-tailed)<0,05 yang berarti terdapat pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Inpres Pannara Kecamatan Manggala Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 05:57
Last Modified: 14 Jun 2023 05:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29974

Actions (login required)

View Item View Item