PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD INPRES BTN IKIP 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

HAZIZAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD INPRES BTN IKIP 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (125kB)
[img] Text
2. ISI.docx

Download (95kB)
[img] Text
3. LAMPIRAN.docx

Download (9MB)

Abstract

Hazizah. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa di SD Inpres BTN IKIP 1 Kecamatan Rapocini Kota Makassar. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si., dan Nurhaedah, S.Pd, M.Pd; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa. Rumusan masalahnya adalah: (1) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan pembelajaran discovery learning di SD Inpres BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar?, (2) Bagaimanakah motivasi belajar siswa di SD Inpres BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar setelah pelaksanaan model pembelajaran discovery learning?, (3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar siswa di SD Inpres BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran penerapan model pembelajaran discovery learning, (2) Motivasi belajar siswa setelah pelaksanaan model pembelajaran discovery learning, (3) Pengaruh pelaksanaan model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar siswa. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian True Experimental Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas (I sampai dengan VI) di SD Inpres BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran penerapan model pembelajaran discovery learning disesuaikan dengan tahapan model pembelajaran tersebut serta menggunakan lembar observasi aktivitas mengajar guru dan lembar observasi belajar siswa dengan hasil pengamatan yang menunjukkan nilai pada kategori baik, (2) Motivasi belajar siswa setelah pelaksanaan model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan analisis Independent Sample T-Test dari hasil post-nontest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil Sig. (2-tailed)<0,05 yang artinya siswa termotivasi untuk belajar ketika menggunakan model pembelajaran discovery learning, (3) Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap motivasi belajar di SD Inpres BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:39
Last Modified: 14 Jun 2023 03:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29938

Actions (login required)

View Item View Item