PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN MANGKURA IV KOTA MAKASSAR

FATIMA OCTA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN MANGKURA IV KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Halaman sampul dll okta.docx-1.doc

Download (57kB)
[img] Text
file asli skripsi terbaru okta.docx

Download (1MB)

Abstract

FATIMA OCTA. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN Mangkura IV Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Syamsiah D. S.Pd., M.Pd dan Dr. Suarlin. S.Pd., M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Mangkura IV Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Mangkura IV Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai pengajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Hal ini sejalan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan ketuntasan belajar siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Mangkura IV Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 03:33
Last Modified: 14 Jun 2023 03:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29937

Actions (login required)

View Item View Item