PENGARUH PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS III SD INPRES BTN IKIP 1 KOTA MAKASSAR

IIN MUTMAINNA (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS III SD INPRES BTN IKIP 1 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (753kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (121kB)
[img] Text
Z RIWAYAT HIDUP.docx

Download (219kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas III pada SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar di mana proses pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia masih banyak siswa kurang dalam pemahaman membacanya selain itu siswa tidak diberikan bimbingan bagaimana cara memahami bacaan dengan benar. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite And Review) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas III SDI BTN IKIP 1 Kota Makassar?, (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SDI BTN IKIP 1 Kota Makassar sebelum dan setelah menggunakan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite And Review)?, (3) Apakah terdapat pengaruh penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite And Review) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SDI BTN IKIP 1 Kota Makassar?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Gambaran penerapan metode SQ3R, (2) Mengetahui hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III sebelum dan setelah menggunakan metode SQ3R dan (3) Mengetahui pengaruh penerapan metode SQ3R terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Quasi Experiment dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas III SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar. Sampel penelitian sebanyak 57 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik Nonprobability Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji Independent Sample t-Test. Sebelumnya, dilakukan uji normalitas dengan uji One Sample Kolmogorov-Smirnov Normality Test dan uji homogen dengan uji Levene’s Statistik. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode SQ3R hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia berada pada kategori sangat tinggi sedangkan metode diskusi hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia berada pada kategori tinggi. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa keterampilan membaca siswa yang menerapkan metode SQ3R lebih tinggi daripada membaca diskusi di kelas III SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:46
Last Modified: 14 Jun 2023 02:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29922

Actions (login required)

View Item View Item