A. Dede Hardianugrah. (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 59PENRE KECAMATAN MARIORIAWA KABUPATEN SOPPENG.
Text
1 sampul pertama A. Dede.docx Download (19kB) |
|
Text
2 sampul kedua A.Dede.docx Download (62kB) |
|
Text
3 Skripsi asli A.Dede-1.docx Download (230kB) |
|
Text
4 Lampiran.docx Download (1MB) |
Abstract
A. Dede Hardianugrah. 2017. Penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 59 Penre Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd, M.Pd dan Nurhaedah, S.Pd, M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimana penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 59 Penre Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 59 Penre Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dan hasil belajar. Setting penelitian ini bertempat di kelas IV SD Negeri 59 Penre Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng sedangkan subyek penelitiannya adalah guru dan siswa dengan jumlah siwa sebanyak 12 orang, 5 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru sebagai fasilitator atau pengajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskripitif. Hasil penelitian observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan siklus II berada pada kategori baik (B). Demikian pula hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan siklus II berada pada kategori baik (B). Adapun hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori tidak tuntas (TT) sedangkan siklus II berada pada kategori tuntas (T). Kesimpulannya adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 59 Penre Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 02:36 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 02:40 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29917 |
Actions (login required)
View Item |