PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VSD INPRES PAJJAIYANG KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

NURUL ISTIQAMAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VSD INPRES PAJJAIYANG KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (25kB)
[img] Text
PEMBUKA.docx

Download (32kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI.docx

Download (1MB)

Abstract

NURUL ISTIQAMAH. 2018. Penerapan model pembelajaran Inquiry untuk menigkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Pajjaiyang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Latri Aras, S.Pd., M.Pd dan Drs. H. Anas Malik, M.Pd. Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Pajjaiyang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Pajjaiyang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Setting penelitian bertempat di SD Inpres Pajjaiyang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Dengan subjek penelitian adalah guru dan murid kelas V yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan aktivitas guru yaitu pada siklus I pertemuan I cukup, pertemuan II cukup sedangkan pada siklus II pertemuan I baik, pertemuan II baik dan aktivitas siswa yaitu pada siklus I pertemuan I cukup, pertemuan II cukup sedangkan pada siklus II pertemuan I baik, pertemuan II baik. Sehingga dalam pembelajaran terjadi peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Inquiry secara maksimal dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Pajjaiyang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:05
Last Modified: 14 Jun 2023 02:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29910

Actions (login required)

View Item View Item