HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PRESTASIBELAJAR SISWA SDN 45 TALAGA KECAMATAN ENREKANG KABUPATEN ENREKANG

AMALIA MUSTAFA (2023) HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PRESTASIBELAJAR SISWA SDN 45 TALAGA KECAMATAN ENREKANG KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
SAMPUL 1.docx

Download (20kB)
[img] Text
SAMPUL 2.docx

Download (814kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (2MB)

Abstract

Amalia Mustafa. 2017. Hubungan pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar siswa SDN 45 Talaga Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muh. Faisal, M.Pd dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya perhatian orang tua kepada anaknya yang berdampak pada prestasi belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah gambaran pola asuh orang tua siswa SDN 45 Talaga Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Bagaimanakah prestasi belajar siswa SDN 45 Talaga. Apakah terdapat hubungan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa SDN 45 Talaga Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan oleh orang tua siswa, prestasi belajar siswa, hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2017 di SDN 45 Talaga Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian adalah ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitaif. Populasi penelitian adalah siswa SDN 45 Talaga sebanyak 183 siswa. Jumlah sampel 33 siswa dengan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data secara deskriptif, uji prasyarat dan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 20,0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan ada 3 jenis pola asuh yaitu: (1) pola asuh demokratis (2) pola asuh permisif, (3) pola asuh otoriter. Prestasi belajar berada pada 4 kategori yaitu kurang, rendah, sedang, dan tinggi. Pola asuh orangtua memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar siswa SDN 45 Talaga.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:38
Last Modified: 14 Jun 2023 01:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29897

Actions (login required)

View Item View Item