PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 4 LEMBANG CINA KECAMATAN BANTAENG KABUPATEN BANTAENG

Hamida Nur Aulia Hamid (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 4 LEMBANG CINA KECAMATAN BANTAENG KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
ISI.pdf

Download (947kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 4 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 4 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 4 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran mind mapping dan kemampuan menulis karangan narasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Adapun hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil kemampuan menulis karangan narasi berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil kemampuan menulis karangan narasi mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa di kelas V SD Negeri 4 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:27
Last Modified: 14 Jun 2023 01:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29894

Actions (login required)

View Item View Item