Hamida Nur Aulia Hamid (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 4 LEMBANG CINA KECAMATAN BANTAENG KABUPATEN BANTAENG.
Text
SAMPUL.pdf Download (11kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) |
|
Text
ISI.pdf Download (947kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 4 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 4 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 4 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran mind mapping dan kemampuan menulis karangan narasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Adapun hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil kemampuan menulis karangan narasi berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil kemampuan menulis karangan narasi mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa di kelas V SD Negeri 4 Lembang Cina Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 01:27 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 01:27 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29894 |
Actions (login required)
View Item |