HAJRAH (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 031 KUTUMBANGAN KECAMATAN CAMPALAGIAN KABUPATEN POLEWALI MANDAR.
Text
SAMPUL DKK.docx Download (2MB) |
|
Text
SKRIPSI HAJRAH.docx Download (18MB) |
Abstract
Hajrah. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA kelas V SD Negeri 031 Kutumbangan Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd,.M.Pd dan Dr. Suarlin, S.Pd,.M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalahnya adalah (1) bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 031 Kutumbangan Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar; (2) bagaimana gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA setelah digunaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) kelas V; (3) berapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V; (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) kelas V; (3) Untuk mengetahui berapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Variabel penelitian ini adalah variabel independen (bebas) yaitu model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dan dependen (terikat) yaitu hasil belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental design. Teknik dan prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar siswa, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) berada dalam kategori sangat baik (SB) dan (b) hasil belajar siswa dengan menggunakan pengajaran secara konvensional berada pada kategori cukup (C). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 031 Kutumbangan Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 01:22 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 01:22 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29890 |
Actions (login required)
View Item |