SOFYANI SYARIFUDDIN (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS V SDN GUNUNG SARI II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
1. SAMPUL.docx Download (62kB) |
|
Text
2. halaman ii-xiii.docx Download (563kB) |
|
Text
3. ISI SKRIPSI.docx Download (93kB) |
|
Text
4. L A M P I R A N rev.docx Download (11MB) |
Abstract
SOFYANI SYARIFUDDIN, 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas V SDN Gunungsari II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Suarlin, M.Si dan Dra. Hj. Amrah, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh metode pembelajaran aktif tipe team quiz terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas V SD Negeri Gunungsari II kecamatan Rappocini kiota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini: (1) Bagaimanakah gambaran penggunaan metode Pembelajaran Aktif tipe Team Quiz pada mata pelajaran PKn di SD Negeri Gunungsari II kecamatan Rappocini kota Makassar? (2) Bagaimanakah gambaran tingkat motivasi belajar pada mata pelajaran PKn di SD Negeri Gunungsari II kecamatan Rappocini kota Makassar? (3) Apakah terdapat pengaruh metode Pembelajaran Aktif tipe Team Quiz terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SD Negeri Gunungsari II kecamatan Rappocini kota Makassar? Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran penggunaan metode Pembelajaran Aktif tipe Team Quiz pada mata pelajaran PKn di SD Negeri Gunungsari II kecamatan Rappocini kota Makassar. (2) Untuk mengetahui gambaran tingkat motivasi belajar pada mata pelajaran PKn di SD Negeri Gunungsari II kecamatan Rappocini kota Makassar. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode Pembelajaran Aktif tipe Team Quiz terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SD Negeri Gunungsari II kecamatan Rappocini kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas V SDN Gunungsari II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan analisis deskriptif dan statistik non parametrik dengan uji Mann Whitney U Test. Hasil penelitian ialah: (1) Metode pembelajaran aktif tipe Team Quiz pada mata pelajaran PKn di SD Negeri Gunungsari II menimbulkan perbedaan pada motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan metode pembelajaran aktif Team Quiz (2)Motivasi belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Gunungsari II kecamatan Rappocini kota Makassar mengalami peningkatan skor rata-rata yang signifikan pada kategori tinggi setelah penerapan metode pembelajaran aktif tipe Team Quiz.(3) Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran aktif tipe Team Quiz terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas V SDN Gunungsari II kecamatan Rappocini kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 01:15 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 01:15 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29888 |
Actions (login required)
View Item |