PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI AROEPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

SANDI ISWANDY (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI AROEPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. sampul.docx

Download (79kB)
[img] Text
2. PERSETUJUAN PEMBIMBNG.docx

Download (369kB)
[img] Text
3. Pengesahan Ujian Skripsi (1).doc

Download (711kB)
[img] Text
4. bab I.docx

Download (29kB)
[img] Text
5. bab II.docx

Download (51kB)
[img] Text
6. bab III.docx

Download (38kB)
[img] Text
7. bab IV.docx

Download (51kB)
[img] Text
8. bab V.docx

Download (20kB)
[img] Text
9. daftar pustaka.docx

Download (25kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Aroeppala Kecamatan Rappocini Kota Makassar?.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Aroeppala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Aroeppala Kecamatan Rappocini Kota Makassar tahun ajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi siswa dan guru, dan tes hasil belajar. Pada indikator keberhasilan proses, siklus I masih berada pada taraf rendah-cukup (masih memerlukan peningkatan dan refleksi) dan pada siklus II telah menunjukkan pada taraf peningkatan. Pada indikator keberhasilan hasil belajar, siklus I memperoleh nilai dalam kategori kurang dan siklus II memperoleh nilai dalam kategori baik yang artinya seluruh siswa mengalami peningkatan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Aroeppala Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:46
Last Modified: 13 Jun 2023 07:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29884

Actions (login required)

View Item View Item