PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI KOMPLEKS IKIP I KOTA MAKASSAR

Andini Kamal (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI KOMPLEKS IKIP I KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul Skripsi.pdf

Download (610kB)
[img] Text
Skripsi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I Kota Makassar. Rumusan masalahnya adalah (1) bagaimanakah gambaran model pembelajaran paired story telling di kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I, (2) bagaimanakah gambaran keterampilan menulis karangan narasi siswa pada muatan pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I, dan (3) apakah model pembelajaran paired story telling berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa pada muatan pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) gambaran model pembelajaran paired story telling di kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I, (2) gambaran keterampilan menulis karangan narasi siswa pada muatan pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I, dan (3) apakah model pembelajaran paired story telling berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa pada muatan pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I. Pendekatan yang dilakukan adalah kuantitatif jenis penelitian quasy eksperiment berbentuk non-equivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran paired story telling sedangkan variabel terikat adalah keterampilan menulis karangan narasi. Jumlah populasi 93 siswa yaitu kelas Va sebanyak 46 siswa dan kelas Vb sebanyak 47 siswa. Sampel penelitian yaitu 75 siswa yang dilakukan dengan cara mengundi menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan rumus Slovin yang taraf kesalahannya 5%. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan system Satististical Package for Social Sclense (SPSS) Versi 25.0. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, gambaran model pembelajaran paired story telling berlangsung secara baik dikarenakan kategori persentase untuk setiap pertemuannya meningkat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran paired story telling berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa pada muatan pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:33
Last Modified: 13 Jun 2023 07:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29881

Actions (login required)

View Item View Item