PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 31 MAROS KECEMATAN TURIKALE KABUPATEN MAROS

Sri Wahyuni (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 31 MAROS KECEMATAN TURIKALE KABUPATEN MAROS.

[img] Text
1. Sampul Dll.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 (Autosaved).docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (80kB)
[img] Text
bab 3 (Repaired).docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 31 Maros. Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimanakah gambaran Strategi Pembelajaran Gallery Walk pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 31 Maros; (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 31 Maros; (3) Apakah terdapat pengaruh Strategi Pembelajaran Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 31 Maros. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran Strategi Pembelajaran Gallery Walk pada mata pelajaran IPA; (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPA siswa; (3) Untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Desing. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Gallery Walk sedangkan variabel terikatnya adalah penguasaan hasil belajar. Jumlah populasi yaitu 40 siswa. Sampel penelitian dipilih secara purposive dengan memilih kelas IVA dan kelas IVB dengan jumlah 40 siswa melalui hasil pretest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji-normalitas dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penerapan model Gallery Walk dengan penerapan metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Gallery Walk terhadap hasil belajar IPA Kelas IV SD Negeri 31 Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:42
Last Modified: 13 Jun 2023 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29863

Actions (login required)

View Item View Item