Sahraeni, (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD BTN IKIP 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
1. Sampul & Lampiran Depan.docx Download (645kB) |
|
Text
2. BAB I.docx Download (26kB) |
|
Text
3. BAB II.docx Download (38kB) |
|
Text
4. BAB III.docx Download (42kB) |
|
Text
5. BAB IV.docx Download (38kB) |
|
Text
6. BAB V & Daftar Pustaka.docx Download (28kB) |
|
Text
7. Lampiran.docx Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini menelaah Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe The Learning Cell Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah gambaran penerapan model cooperative learning tipe the learning cell terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP 1?, (2) bagaimanakah gambaran hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP 1?, (3) Apakah terdapat pengaruh model cooperative learning tipe the learning cell terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP 1?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran penerapan model cooperative learning tipe the learning cell terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP 1, (2) gambaran hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP 1, (3) terdapat pengaruh penerapan model cooperative learning tipe the learning cell terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP 1. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SD Inpres BTN IKIP 1 Makassar dan sampel penelitian sebanyak 62 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model cooperative learning tipe the learning cell dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar dilakukan dengan berdasar pada langkah-langkah model the learning cell. Peneliti melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran pada setiap pertemuan sehingga aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan, (2) hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan menggunakan model cooperative learning tipe the learning cell di kelas eksperimen berbeda dengan yang diajarkan menggunakan model konvensional di kelas kontrol. Perbedaan ini ditinjau dari hasil pre-test dan post-test kelas eksperimen mengalami peningkatan . Sedangkan, hasil pre-test dan post-test kelas kontrol hanya sedikit peningkatan, (3) penerapan model cooperative learning tipe the learning cell berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 06:04 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 06:04 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29851 |
Actions (login required)
View Item |