PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD INPRES TODDOPULI I KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR

SYAMSURYANI AKSYAM (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD INPRES TODDOPULI I KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul, pengesahan, daftar isi dll-1.docx

Download (813kB)
[img] Text
file skripsi asli terbaru syamsuriani revisi hasil.docx

Download (4MB)

Abstract

Syamsuryani Aksyam. 2017. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Toddopuli I Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Widya Karmila Sari A. S.Pd,. M.Pd dan Dr. Rudi Amir, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Toddopuli I Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Toddopuli I Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah 1 guru dan 35 siswa kelas IV SD Inpres Toddopuli I Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai fasilitator. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Adapun hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori kurang (K) sedangkan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Inpres Toddopuli I Kecamatan Panakkukang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 05:28
Last Modified: 13 Jun 2023 05:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29840

Actions (login required)

View Item View Item