PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING SIMBOLIC DALAM MENGURANGI KEJENUHAN (BURNOUT) BELAJAR PADA SISWA KELAS XI MAN 1 SINJAI

Dian Kumala Azis (2023) PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING SIMBOLIC DALAM MENGURANGI KEJENUHAN (BURNOUT) BELAJAR PADA SISWA KELAS XI MAN 1 SINJAI.

[img] Text
JURNAL_DIAN KUMALA AZIS_1844040003 (1).pdf

Download (656kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu tingginya tingkat kejenuhan belajar. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) gambaran tingkat kejenuhan (burnout) siswa di MAN 1 Sinjai. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan teknik modeling simbolic pada siswa di MAN 1 Sinjai. 3) Untuk mengetahui penerapan teknik modeling simbolic dapat mengurangi tingkat kejenuhan (burnout) siswa di MAN 1 Sinjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Quasi Experimental Design. Desain eksperimen yang di gunakan adalah Non�Equivalent Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 44 siswa dari 163 siswa yang teridentifikasi mengalami kejenuhan belajar berdasarkan data yang di peroleh dari buku kasus siswa dan sampel penelitian sebesar 22 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 11 siswa. Penarikan sampel dengan teknik Proportionate Strafied Random Sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument skala kejenuhan belajar, pedoman observasi, dan wawancara tidak berstruktur (bebas). Analisis data menggunakan, Analisis Statistic Deskriptif dan Analisis Statistik Inferensial, dimana mensyaratkan bahwa data setiap variabel yang akan dianalisis harus berdistribusi normal dan homogeny. Oleh karena itu dilakukan pengujian normalitas data dan pengujian homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat kejenuhan belajar siswa kelas XI MAN 1 Sinjai berada pada kategori tinggi. 2) pelaksanaan teknik modeling symbolic dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui tiga kali pertemuan yaitu pemberian rational treatment, pemberian teknik modeling symbolic, dan kegiatan evaluasi dan follow up, partisipasi siswa berada pada kategori tinggi. 3) ada perbedaan kejenuhan belajar siswa pada kelompok yang diberikan perlakuan dan pada kelompok yang tidak diberikan perlakuan berupa teknik modeling symbolic. Artinya, penerapan teknik modeling symbolic dapatmengurangi kejenuhan belajar siswa dikelas XI MAN 1 Sinjai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:38
Last Modified: 13 Jun 2023 02:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29829

Actions (login required)

View Item View Item