PENGARUH TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MEREDUKSI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMAN 1 ENREKANG

Masita Kadir (2023) PENGARUH TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MEREDUKSI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMAN 1 ENREKANG.

[img] Text
Jurnal Masita Kadir 1744041007.pdf

Download (702kB)

Abstract

Pemasalahan dalam penelitian ini yakni tingginya tingkat perilaku prokrastinasi akademik siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMAN 1 Enrekang, (2) gambaran pelaksanaan teknik self management terhadap perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMAN 1 Enrekang, (3) pengaruh teknik self management dalam mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMAN 1 Enrekang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 83 siswa dan sampel penelitian sebesar 20 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 10 siswa. Penarikan sampel dengan teknik Propotional Random Sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan skala perilaku prokrastinasi akademik, dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik yaitu uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat perilaku prokrastinasi akademik siswa saat pre-test pada kelompok eksperimen berada pada kategori tinggi dan kelompok kontrol berada pada kategori sedang, pada saat pemberian posttest, tingkat perilaku prokastinasi akademik siswa kelompok eksperimen mengalami perubahan ke kategori sangat rendah dan kelompok kontrol mengalami perubahan ke kategori sangat rendah namun masih ada siswa yang berada pada kategori sedang, (2) pelaksanaan teknik self management dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancangkan melalui 4 tahapan yaitu rasional treatment, self monitoring, stimulus control, dan self reward, (3) ada pengaruh tingkat perilaku prokrastinasi akademik pada yang diberikan perlakuan yaitu kelompok eksperimen dan kelompok yang tidak diberikan perlakuan yaitu kelompok kontrol. Artinya, pelaksanaan teknik self management dapat mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMAN 1 Enrekang

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:32
Last Modified: 13 Jun 2023 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29823

Actions (login required)

View Item View Item