PENERAPAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 21 MAKASSAR

Haslina binti Muhammad (2023) PENERAPAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 21 MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL HASLINA BINTI MUHAMMAD 1844040021.pdf

Download (360kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya tingkat keterampilan komunikasi interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) gambaran keterampilan interpersonal siswa kelas X SMA Negeri 21 Makassar sebelum diterapkan teknik modelling simbolis. 2) untuk mengetahui gambaran keterampilan komunikasi interpersonal siswa setelah diterapkan teknik modelling simbolis. 3) untuk mengetahui apakah teknik modelling simbolis dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMA Negeri 21 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Quasi Experimental Design. Desain eksperimen yang digunakan adalah Non-Equivalent Control group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 28 dan yang diambil menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 5 siswa. Penarikan sampel pada penelitian ini dengan teknik probability sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument skala komunikasi interpersonal, pedoman observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik infrensial, yaitu uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kurangnya tingkat keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMA 21 Negeri Makassar berada pada kategori rendah. 2) pelaksanan teknik modelling simbolis dilaksanankan sesuai dengan prosedur yang sudah direncanakan melalui empat kali pertemuan yaitu pemberian tahap pembentukan, pemberian tahap perahlian, tahap kegiatan pemberian teknik modelling simolis, dan tahap pengakhiran evaluasi dan follow up, partisipasi siswa berada pada kategori tinggi.3) ada perbedaan keterampilan komunikasi interpersonal siswa pada kelompok yang tidak diberikan perlakuan dan pada kelompok yang diberikan perlakuan berupa teknik modelling simbolis. Artinya penerapan teknik modelling simbolis dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMA 21 Negeri Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:22
Last Modified: 13 Jun 2023 02:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29819

Actions (login required)

View Item View Item