Andi Bhakti Aryadi Kusuma Bangsa (2023) PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 MAKASSAR.
Text
Andi Bhakti Aryadi Kusuma Bangsa_1844041010_Artikel Ilmiah.pdf Download (432kB) |
Abstract
Penelitian ini menelaah penerapan teknik self management untuk mengurangi kecanduan bermain game online pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Bagaimana gambaran tingkat kecanduan bermain game online pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Makassar. (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan penerapan teknik self management untuk mengurangi tingkat kecanduan bermain game online pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Makassar. (3) Untuk mengetahui penerapan teknik self management dapat mengurangi tingkat kecanduan bermain game online pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian Eksperimental, dengan model quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa yang teridentifikasi. Sampel penelitian ini sebanyak 16 siswa menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala kecanduan game online. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistic inferensial menggunakan program SPSS v.23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran tingkat kecanduan game online pada siswa sebelum diberikan layanan berupa penerapan teknik Self Management berada pada kategori sangat tinggi, (2) Gambaran pelaksanaan teknik Self Managemant untuk menurunkan tingkat kecanduan game online siswa SMP 1 Muhammadiyah dilaksanakan sebanyak 4 tahap self management yaitu self monitoring, self contracing, self reward dan stimulus control dalam 6 kali pertemuan, (3) Penerapan teknik self management secara signifikan dapat mengurangi tingkat kecanduan bermain game online pada siswa di SMP 1 Muhammadiyah ditandai dengan siswa mampu mengontrol dirinya. Berdasarkan hasil pehitungan dengan menggunakan SPSS v.23 melalui uji independent samples t test diperoleh nilai sig. (2- tailed) = 0,000. Berarti nilai signifikansi hitung 0,000 < α 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, maka kesimpulannya ialah penerapan teknik self management dapat menurunkan kecanduan game online pada siswa di SMP Muhammadiyah 1 Makassa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 01:51 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 01:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29816 |
Actions (login required)
View Item |