PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF�MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI TINGKAT NOMOPHOBIA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PA’JUKUKANG KABUPATEN BANTAENG

FATIMAH AZZAHRAH AYU (2023) PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF�MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI TINGKAT NOMOPHOBIA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PA’JUKUKANG KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
Fatimah Azzahrah Ayu_1844042013_Skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menelaah penerapan teknik self-management untuk mereduksi tingkat nomophobia pada siswa di SMP Negeri 1 Pa’jukukang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana gambaran tingkat nomophobia pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pa’jukukang? (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan penerapan teknik self-management untuk mereduksi tingkat nomophobia pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pa’jukukang? (3) Apakah penerapan teknik self-management dapat mereduksi tingkat nomophobia pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pa’jukukang?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran tingkat nomophobia pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pa’jukukang. (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan penerapan teknik self-management dalam mereduksi tingkat nomophobia pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pa’jukukang. (3) Untuk mengetahui penerapan teknik self�management dalam mereduksi tingkat nomophobia pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pa’jukukang. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian Eksperimental, dengan model quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 48 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 16 siswa menggunakan teknik startifed random sampling. Analisis data yang digunakan skala nomophobia. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran tingkat nomophobia pada siswa kelas VIII sebelum diberikan layanan berupa penerapan teknik Self-Management berada pada kategori tinggi, (2) Gambaran pelaksanaan teknik Self-Managemant untuk mereduksi tingkat nomophobia pada siswa SMP Negeri 1 Pa’jukukang dilaksanakan sebanyak 4 tahap self�management yaitu self-monitoring, self-contracing, self-reward dan stimulus�control dalam 6 kali pertemuan, (3) Penerapan teknik self-management secara signifikan dapat mereduksi tingkat nomophobia pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pa’jukukang ditandai dengan siswa mampu mengontrol penggunaan smartphoneny

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 01:46
Last Modified: 13 Jun 2023 01:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29815

Actions (login required)

View Item View Item