EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU OFF TASK SISWA KELAS XI MAN 1 MAJENE

Nurul Amaliyah (2023) EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU OFF TASK SISWA KELAS XI MAN 1 MAJENE.

[img] Text
Jurnal Nurul Amaliyah 1844041038.pdf

Download (494kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perilaku off task siswa kelas XI MAN 1 Majene. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran perilaku off task siswa 2) Gambaran pelaksanaan konseling kelompok menggunakan teknik self management 3) Efektivitas teknik self management untuk mengurangi perilaku off task siswa. Desain eksperimen yang digunakan adalah non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI yang memiliki tingkat perilaku off task yang tinggi yaitu sebanyak 27 siswa dan yang menjadi sampel penelitian adalah 16 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan sampling purposive. Jumlah sampel adalah 16 responden yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen skala perilaku off task. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametric yaitu independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Tingkat perilaku off task siswa kelas XI di MAN 1 Majene sebelum diberi perlakuan berupa teknik self management berada pada kategori tinggi dan setelah diberi perlakuan berupa konseling kelompok menggunakan teknik self management mengalami penurunan menjadi kategori rendah. 2) Pelaksanaan konseling kelompok menggunakan teknik self management dilaksanakan sesuai tahap yang telah dirancang sebelumnya. Selanjutnya, selama proses pelaksanaan konseling kelompok menggunakan teknik self management, semua siswa berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan konseling kelompok ini mengalami penurunan perilaku off task, sedangkan siswa yang tidak diberi perlakuan berupa konseling kelompok menggunakan teknik self management tidak mengalami penurunan pada tingkat perilaku off task. 3) Teknik self management memiliki pengaruh yang signifikan untuk menurunkan perilaku off task siswa. Artinya, teknik self management efektif untuk mengurangi perilaku off task siswa kelas XI di MAN 1 Majen

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 01:14
Last Modified: 13 Jun 2023 01:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29810

Actions (login required)

View Item View Item