Studi Eksperimental Pengaruh Mapping Waktu Pengapian dan Mapping Durasi Injeksi Serta Rasio Kompresi Terhadap Perrformansi dan Emisi Gas Buang Engine Honda Cb150r Berbahan Bakar E50

Hartono, Dwijo and Paloboran, Marthen and Sudarmanta, Bambang (2017) Studi Eksperimental Pengaruh Mapping Waktu Pengapian dan Mapping Durasi Injeksi Serta Rasio Kompresi Terhadap Perrformansi dan Emisi Gas Buang Engine Honda Cb150r Berbahan Bakar E50. Jurnal Teknik Mesin Indonesia, 12 (2). pp. 81-86. ISSN 2597-7563

[img] Text
13.1_JTMI_Vol. 12_2_2017_Artikel_Editor Board.pdf

Download (5MB)
[img] Text
13.2_JTMI_Vol. 12_2_2017_Peer Review.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13.3_JTMI_Vol. 12_2_2017_Studi eksperimental pengaruh mapp_Turnitin.pdf

Download (708kB)

Abstract

Abstrak Bioetanol merupakan bahan bakar nabati yang diformulasikan untuk kendaraan bermotor. Dalam penerapan bioetanol di motor bakar, memerlukan beberapa modifikasi pada mesin yang akan dipakai seperti mengubah waktu pengapian, mengubah durasi injeksi, mengubah rasio kompresi, dan memodifikasi sistem pemasukan bahan bakar mesin. Dengan demikian, diharapkan terjadi peningkatan terhadap hasil unjuk kerja engine. Penelitian ini difokuskan pada mesin Honda CB150R dengan diawali melakukan setting pada ECU programmable. Setelah itu pengujian penginjeksian bahan bakar untuk mencapai AFR Bioetanol E50 dengan persentase penginjeksian sebesar 100, 125, 150, 175 dan 200 persen dari jumlah penginjeksian bahan bakar standar. Kemudian dilakukan pengujian dengan penggunaan Pertamax (bioetanol 0%) pada kondisi standar sebagai kelompok kontrol dan penggunaan Bioetanol E50 dengan variasi ignition timing sebagai kelompok uji dengan mengambil 4 variasi advance ignition timing 16°, 20°,24° dan 28° BTDC pada rasio kompresi yang telah dirubah menjadi 12, 12,5, dan 13. Dari penelitian ini didapatkan mapping durasi injeksi yang tepat pada putaran 2000 hingga 4000 rpm adalah 150%, sedangkan pada putaran 5000 hingga 8000 rpm, durasi terbaik 125%. Sedangkan untuk mapping waktu pengapian didapatkan pada rentang 16° dan 20° BTDC untuk rasio kompresi 12, 12,5, dan 13. Berdasarkan hasil afr E0 ecu programable pada rasio kompresi 11 didapatkan nilai rata – rata sebesar 13,154 yang berarti kondisi campuran udara dan bahan bakar berada di bawah afr stoikiometri yaitu 14,7. Sedangkan untuk hasil afr E50 ecu programable pada rasio kompresi 11 didapatkan nilai sebesar rata – rata 11,160 yang berarti kondisi campuran udara dan bahan bakar berada di bawah afr stoikiometri yaitu 12,6. Hal tersebut menunjukan bahwa engine Honda CB150R beroperasi pada afr di bawah stoikiometri dari bahan bakar yang digunakan. Sehingga engine Honda CB150R memiliki karakteristik daya menjadi meningkat dan tidak terjadi detonasi, akan tetapi nilai waktu konsumsi bahan bakar akan menurun serta emisi CO dan HC meningkat Kata kunci: bioetanol 50% durasi injeksi ignition timing emisi gas buang honda CB150R RON temperatur operasional

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:35
Last Modified: 12 Jun 2023 08:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29801

Actions (login required)

View Item View Item