PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN MONGISIDI III KOTA MAKASSAR

SYAHIDATUL HAS (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN MONGISIDI III KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1 sampul,dll.docx

Download (73kB)
[img] Text
2 BAB I - V.docx

Download (111kB)
[img] Text
3Lampiran.docx

Download (1MB)
[img] Image
4 IMG_0006.jpg

Download (1MB)
[img] Image
5 IMG_0008.jpg

Download (1MB)
[img] Image
6 IMG_0004.jpg

Download (1MB)
[img] Image
7 IMG_0003.jpg

Download (1MB)
[img] Text
8 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (34kB)

Abstract

SYAHIDATUL HAS, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Mongisidi III Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Widya Karmila Sari Achmad. S.Pd., M.Pd dan Dr Rudi Amir, M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Mongisidi III Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) kelas V SDN Mongisidi III Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan hasil belajar siswa, subyek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 40 siswa kelas V SDN Mongisidi III kota Makassar. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai fasilitator serta memberikan petunjuk kepada siswa pada proses belajar mengajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil Observasi guru pada siklus I berada pada kategori baik(B) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Adapun hasil Observasi siswa siklus I berada pada kategori baik (B) dan siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar IPS berada pada kategori baik (B) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dan berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Mongisidi III Kota Makassaar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:00
Last Modified: 09 Jun 2023 02:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29643

Actions (login required)

View Item View Item