PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VSD NEGERI PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

KIKI AMELIA (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VSD NEGERI PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1.sampul dll.docx

Download (72kB)
[img] Text
bab 1.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (47kB)
[img] Text
bab III.docx

Download (41kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (20kB)
[img] Text
lampiran 1 2.docx

Download (12MB)

Abstract

Kiki Amelia, 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom., M.Pd. dan Nasaruddin., S.Pd., M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA kelas V SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Bagaimana gambaran hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together ( NHT ) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental. Sampel penelitian dipilih secara sampling jenuh yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai kelas experimen yaitu kelas V dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes hasil belajar kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji-t yaitu paired sampel t-test. Hasil belajar IPA siswa pada tes awal (pretest) berada pada kategori kurang, sedangkan hasil belajar siswa IPA siswa pada tes akhir (posttest) berada pada kategori cukup. Terdapat perbedaan antara nilai pretest dan nilai posttest Sig. (2-tailed<0,05). Adanya perbedaan anatara nilai rata-rata pretest yang berada pada kategori kurang dan nilai rata-rata posttest yang berada pada kategori cukup menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar pada tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:11
Last Modified: 08 Jun 2023 07:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29623

Actions (login required)

View Item View Item