PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VA SDN 60 MONCONGLOE LAPPARAKECAMATAN MONCONGLOE KABUPATEN MAROS

ESA MAGFIRAH (2023) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VA SDN 60 MONCONGLOE LAPPARAKECAMATAN MONCONGLOE KABUPATEN MAROS.

[img] Text
sampul cover.rtf

Download (242kB)
[img] Text
PRAKATA esa.docx

Download (169kB)
[img] Text
Isi Esa lengkap.docx

Download (6MB)
[img] Text
SILABUS.rtf

Download (139kB)

Abstract

EsaMagfirah. 2016. Penerapan Metode Eksprimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Mata Pelajaran IPA Kelas VA SDN 60 Moncongloe Lappara Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. Skripsi. Dibimbing oleh: Hamzah Pagarra, S.Kom, M.Pd dan Khaerunnisa, S.Pd.I., MA. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid pada mata pelaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan metode eksprimen untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA kelas VA SDN 60 Moncongloe Lappara Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode eksprimen dalam meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA kelas VA. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus Penelitian adalah penerapan metode Eksprimen dan peningkatan hasil belajar IPA pada murid kelas VA. Dalam kegiatan pelaksanaan penelitian ini, peneliti bertindak sebagai guru/ pelaksana pembelajaran dan guru kelas VA bertindak sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini yakni 30 murid yang terdiri dari 14 Laki-Laki dan 16 Perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi sedangkan tehnik analisis data yaitu analisis data kualtatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus I menunjukkan kategori cukup sedangkan siklus II meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya nilai rata- rata hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori tidak tuntas, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata siswa berada dalam kategori tuntas dan telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 70 yang telah ditetapkan. Dengan demikian penerapan metode Eksprimen dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA kelas VA SDN 60 Moncongloe Lappara Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:48
Last Modified: 08 Jun 2023 03:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29612

Actions (login required)

View Item View Item