PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 1 LABAKKANG KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP

SATRIANI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 1 LABAKKANG KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
1 SAMPUL.doc

Download (45kB)
[img] Text
Halaman sampul.docx

Download (44kB)
[img] Text
abstrak baru.docx

Download (14kB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI.doc

Download (34kB)
[img] Text
9 DAFTAR TABEL.doc

Download (27kB)
[img] Text
10 DAFTAR GAMBAR.doc

Download (27kB)
[img] Text
11 DAFTAR LAMPIRAN.doc

Download (43kB)
[img] Text
Bab 1-3.docx

Download (68kB)
[img] Text
Kumpulan lampiran.docx

Download (1MB)
[img] Text
17 RIWAYAT HIDUP.doc

Download (13MB)

Abstract

SATRIANI, 2016, Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 1 Labakkang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Skripsi. Dibimbing Hamzah Pagarra, S.Kom.,M.Pd dan Khaerunnisa,S.Pdi.,MA. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Labakkang Kecamatan Labakkang kabupaten pangkep.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Labakkang Kecamatan Labakkang kapubaten pangkep. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah pendekatan keterampilan proses dan hasil belajar siswa . Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 labakkang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep yang berjumlah 21 Orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan keterampilan proses pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Labakkang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep baik pada aktivitas guru dan siswa maupun nilai hasil tes belajar siswa. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I masih berada pada kategori cukup, dan pada siklus II berada pada kategori baik. Sedangkan nilai hasil tes belajar siswa siklus I secara klasikal belum tuntas dan siklus II sudah tuntas secara klasikal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Labakkang Kec. Labakkang Kab. Pangkep.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:54
Last Modified: 08 Jun 2023 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29607

Actions (login required)

View Item View Item