RIA RESKY ANGGREANY (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 129 BANTIMURUNG KECAMATAN SIMBANG KABUPATEN MAROS.
Text
Sampul DKK 1.doc Download (89kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (41kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (117kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (133kB) |
|
Text
BAB IV SKRIPSI RRA.doc Download (165kB) |
|
Text
Lampiran - Lampiran.doc Download (22MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP RRA.doc Download (406kB) |
Abstract
Ria Resky Anggreany, 2016 : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 129 Bantimurung Kecamatan Simbang Kabupaten Maros. Dibimbing oleh Hj. Syamsiah D, S.Pd.,M.Pd dan Muhammad Irfan,S.Pd, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis karangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 129 Bantimurung Kecamatan Simbang Kabupaten Maros.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 129 Bantimurung Kecamatan Simbang Kabupaten Maros. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 129 Bantimurung Kecamatan Simbang Kabupaten Maros.Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dan fokus kemampuan menulis karangan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 129 Bantimurung Kecamatan Simbang Kabupaten Maros, sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yag digunakan adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa.Meningkatnya kemampuan menulis dapat dilihat pada penelitian ini yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Berdasarkan data hasil penelitian, aktivitas mengajar guru dan siswa pada siklus I pertemuan 1 berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus I pertemuan 2 berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1dan 2,aktivitas mengajar guru dan siswa berada pada kategori baik. Peningkatan aktivitas guru dan siswa tersebut disertai pula dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dan II. Pada siklus I hasil belajar siswa berada pada kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik. Kesimpulan hasil penelitin ini yaitu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas IV SDN 129 Bantimurung Kecamatan Simbang Kabupaten Maros.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 08:31 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 08:31 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29585 |
Actions (login required)
View Item |