PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 129 BANTIMURUNG KECAMATAN SIMBANG KABUPATEN MAROS

RIA RESKY ANGGREANY (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 129 BANTIMURUNG KECAMATAN SIMBANG KABUPATEN MAROS.

[img] Text
Sampul DKK 1.doc

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (117kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (133kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI RRA.doc

Download (165kB)
[img] Text
Lampiran - Lampiran.doc

Download (22MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP RRA.doc

Download (406kB)

Abstract

Ria Resky Anggreany, 2016 : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 129 Bantimurung Kecamatan Simbang Kabupaten Maros. Dibimbing oleh Hj. Syamsiah D, S.Pd.,M.Pd dan Muhammad Irfan,S.Pd, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis karangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 129 Bantimurung Kecamatan Simbang Kabupaten Maros.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 129 Bantimurung Kecamatan Simbang Kabupaten Maros. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 129 Bantimurung Kecamatan Simbang Kabupaten Maros.Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dan fokus kemampuan menulis karangan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 129 Bantimurung Kecamatan Simbang Kabupaten Maros, sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yag digunakan adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa.Meningkatnya kemampuan menulis dapat dilihat pada penelitian ini yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Berdasarkan data hasil penelitian, aktivitas mengajar guru dan siswa pada siklus I pertemuan 1 berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus I pertemuan 2 berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1dan 2,aktivitas mengajar guru dan siswa berada pada kategori baik. Peningkatan aktivitas guru dan siswa tersebut disertai pula dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dan II. Pada siklus I hasil belajar siswa berada pada kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik. Kesimpulan hasil penelitin ini yaitu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas IV SDN 129 Bantimurung Kecamatan Simbang Kabupaten Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:31
Last Modified: 07 Jun 2023 08:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29585

Actions (login required)

View Item View Item