PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN TANGGUL PATOMPO I KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR

SAMIRA J. (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN TANGGUL PATOMPO I KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (186kB)
[img] Text
isi.docx

Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Adapun rumusan masalahnya yaitu Bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran Directed Reading Activity(DRA)dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar.?Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran Directed Reading Activity(DRA)dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran Directed Reading Activity(DRA)dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IV. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 33 orang, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. hasil observasi aktivitas guru dan murid, aktivitas mengajar guru pada siklus I dan siklus II kategori baik kemudian aktivitas belajar murid pada siklus I dan siklus II kategori baik juga. Hasil belajar pada siklus 1 berada pada kategori Baik sedangkan pada siklus ke 2 berada pada kategori baik juga..Dengan demikian penerapan Strategi Pembelajaran Directed Reading Activity(DRA) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar .

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 06:54
Last Modified: 07 Jun 2023 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29574

Actions (login required)

View Item View Item