PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 37 KABARO KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG

JUSRIANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 37 KABARO KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
sampul.docx

Download (98kB)
[img] Text
RH.docx

Download (573kB)
[img] Text
baru.docx

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV. Adapun rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 37 Kabaro kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 37 Kabaro Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, dimana setiap siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus penelitian ini difokuskan pada dua aspek yaitu penerapan model Numbered Heads Together (NHT) dan hasil belajar siswa. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dianalisis dengan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang menyebabkan persentase ketuntasan hasil belajar pada mata pelajaran IPA dari siklus I ke siklus II tuntas. Kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 37 Kabaro Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 06:24
Last Modified: 07 Jun 2023 06:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29570

Actions (login required)

View Item View Item