NURUL AULIAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN, AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI RAPPOCINI 1 KOTA MAKASSAR.
Text
DEPAN SKRIPSI.docx Download (65kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB I-V.docx Download (107kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.docx Download (675kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (38kB) |
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Rappocini 1 Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan di kelas IV SD Negeri Rappocini 1 Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan di kelas IV SD Negeri Rappocini 1 Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini difokuskan pada dua aspek yaitu (1) Model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Subjek adalah guru dan siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data diolah melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Aktivitas mengajar guru dan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas mengajar guru pada siklus I termasuk kategori kurang dan siklus II yaitu kategori baik sekali. Aktivitas belajar siswa pada siklus I termasuk kategori kurang meningkat pada siklus II menjadi kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I termasuk kategori sedang meningkat menjadi kategori tinggi pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa pada penerapan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Rappocini 1 Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 06:12 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 06:12 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29569 |
Actions (login required)
View Item |