PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN, AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI RAPPOCINI 1 KOTA MAKASSAR

NURUL AULIAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN, AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI RAPPOCINI 1 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
DEPAN SKRIPSI.docx

Download (65kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I-V.docx

Download (107kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (675kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (38kB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Rappocini 1 Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan di kelas IV SD Negeri Rappocini 1 Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan di kelas IV SD Negeri Rappocini 1 Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini difokuskan pada dua aspek yaitu (1) Model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Subjek adalah guru dan siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data diolah melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Aktivitas mengajar guru dan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas mengajar guru pada siklus I termasuk kategori kurang dan siklus II yaitu kategori baik sekali. Aktivitas belajar siswa pada siklus I termasuk kategori kurang meningkat pada siklus II menjadi kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I termasuk kategori sedang meningkat menjadi kategori tinggi pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa pada penerapan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Rappocini 1 Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 06:12
Last Modified: 07 Jun 2023 06:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29569

Actions (login required)

View Item View Item