EMA WULANDARI WAHYUNI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VB SD INPRES MINASA UPA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
daftar isi.docx Download (60kB) |
|
Text
BAB I-V.docx Download (6MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUPku.docx Download (33kB) |
Abstract
EMA WULANDARI WAHYUNI, 2016, Penerapan Model Pembelajaran KooperatifTipe Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VB SD Inpres Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B., M.Kes dan Nurhaedah, S.Pd.,. M.Pd: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya penggunaan model pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VB SD Inpres Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun rumusan masalah pada penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VB SD Inpres Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian ialah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VB SD Inpres Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan hasil belajar IPS. Subjek penelitian adalah seorang guru dan siswa kelas VB SD Inpres Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar Tahun Ajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang, yang terdiri dari 20 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VB SD Inpres Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 02:32 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 02:32 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29558 |
Actions (login required)
View Item |