PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD INPRES JONGAYA 2 KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

PUTRI ANITA (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD INPRES JONGAYA 2 KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1.Sampul Luar.docx

Download (34kB)
[img] Text
2. Sampul Dalam.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (74kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (3MB)

Abstract

Putri Anita. 2016. Penerapan strategi pembelajaran student facilitator and explaining dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Jongaya 2 Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Khaerunnisa, S.Pd.I.,MA dan Farida Febriati,S.S.,M.Si Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran student facilitator and explaining dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Inpres Jongaya 2 Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran student facilitator and explaining dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Inpres Jongaya 2 Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan startegi pembelajaran student facilitator and explaining dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai fasilitator atau guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil observasi guru pada siklus I cukup (C) dan siklus II berada pada peningkatan kategori baik (B) sedangkan hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada peningkatan kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan stategi pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Jongaya 2 Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 01:02
Last Modified: 07 Jun 2023 01:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29544

Actions (login required)

View Item View Item