PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN NUSA HARAPAN PERMAI MAKASSAR

ATHIRAH NUR RAMADHANI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN NUSA HARAPAN PERMAI MAKASSAR.

[img] Text
3. MOTO (iv).docx

Download (15kB)
[img] Text
4. ABSTRAK INA (v).docx

Download (18kB)
[img] Text
5. PRAKATA (vii & viii).docx

Download (19kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.docx

Download (17kB)
[img] Text
Bismillah.docx

Download (129kB)
[img] Text
DAFTAR BAGAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx

Download (15kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP new.docx

Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh kenyataan di lapangan bahwa hasil belajar Matematika pada murid masih rendah. Apakah penerapan Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SDN Nusa Harapan Permai Makassar ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan matematika realistik agar hasil belajar pembelajaran matematika pada siswa kelas V di SDN Nusa Harapan Permai Makassar dapat meningkat. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan-tahapan PTK meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Nusa Harapan Permai Makassar dengan jumlah siswa terdiri dari 24 siswa. Data diperoleh dengan observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perubahan pada aktivitas guru dalam menerapkan langkah-langkah pendekatan matematika realistik yaitu pada siklus I mencapai kategori kurang (K), sedangkan siklus II mencapai kategori baik (B), sedangkan peningkatan pada aktivitas siswa pada siklus I mencapai kategori kurang (K) dan pada siklus II mencapai kategori baik (B). Kemudian dapat dilihat pada hasil belajar murid pada siklus I berada dalam kategori kurang dan pada siklus II berada pada kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar Matematika di kelas V SDN Nusa Harapan Permai Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Jun 2023 06:43
Last Modified: 06 Jun 2023 06:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29533

Actions (login required)

View Item View Item