PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEINSIDE-OUTSIDE-CIRCLE UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVA SDN 60 MONCONGLOE LAPPARA KECAMATAN MONCONGLOE KABUPATEN MAROS

NIA ASTANTIA RAHMAN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEINSIDE-OUTSIDE-CIRCLE UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVA SDN 60 MONCONGLOE LAPPARA KECAMATAN MONCONGLOE KABUPATEN MAROS.

[img] Text
1 SAMPUL UTAMA.doc

Download (20kB)
[img] Text
3 PERSETUJUAN PEMBIMBING.doc

Download (74kB)
[img] Text
4 PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.doc

Download (79kB)
[img] Text
6 MOTO.doc

Download (14kB)
[img] Text
5 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.doc

Download (20kB)
[img] Text
7 ABSTRAK.doc

Download (20kB)
[img] Text
8 PRAKATA.doc

Download (28kB)
[img] Text
- DAFTAR ISI.doc

Download (73kB)
[img] Text
9 BAB I.doc

Download (36kB)
[img] Text
10 BAB II.doc

Download (80kB)
[img] Text
11 BAB III.doc

Download (64kB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (20kB)
[img] Text
14-15 DATA HASIL BELAJAR SIKLUS 1.doc

Download (118kB)
[img] Text
28-29 DATA HASIL BELAJAR SIKLUS 2.doc

Download (117kB)
[img] Text
31 DOKUMENTASI PENELITIAN.doc

Download (575kB)

Abstract

Nia Astantia Rahman.2016. Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside-Circle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IVA SDN 60 Moncongloe Lappara Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. Skripsi Dibimbing oleh: Drs. Latri Aras, S.Pd., M.Pd. dan Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside-Circle untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IVA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inside-Outside-Circle untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IVA. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus Penelitian adalah penerapan model pembelajaran Inside-Outside-Circle dan meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IVA. Dalam kegiatan pelaksanaan penelitian ini, peneliti bertindak sebagai guru dan guru kelas IVA bertindak sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini yakni 28 siswa yang terdiri dari 15 Laki-Laki dan 13 Perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yaitu analisis data kualitatif deskriptif. Berdasarkan pelaksanaan dan analisis data, penelitian ini menunjukkan penerapan model Inside-Outside-Cicle, berjalan dengan baik terlihat dari aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup karena masih ada indikator pembelajaran yang belum terlaksana dan pada siklus II berada pada kategori baik dan telah mencapai indikator keberhasilan karena guru hampir sepenuhnya melaksanakan indikator sesuai langkah pembelajaran. Aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup karena belum mencapai indikator keberhasilan dikarenakan masih ada siswa yang belum aktif dalam pembelajaran dan pada siklus II berada pada kategori baik karena telah mencapai indikator keberhasilan dikarenakan hampir seluruh siswa aktif dalam pembelajaran. Setelah penerapan model Inside-Outside-Cicle, hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan hal ini terlihat pada siklus I hasil belajar siswa belum mencapai indikator keberhasilan dengan KKM 70 dan meningkat pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan dengan KKM 70. Dengan demikian penerapan model Inside-Outside-Cicle dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IVA SDN 60 Moncongloe Lappara Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Jun 2023 05:44
Last Modified: 06 Jun 2023 05:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29528

Actions (login required)

View Item View Item