NIA ASTANTIA RAHMAN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEINSIDE-OUTSIDE-CIRCLE UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVA SDN 60 MONCONGLOE LAPPARA KECAMATAN MONCONGLOE KABUPATEN MAROS.
Text
1 SAMPUL UTAMA.doc Download (20kB) |
|
Text
3 PERSETUJUAN PEMBIMBING.doc Download (74kB) |
|
Text
4 PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.doc Download (79kB) |
|
Text
6 MOTO.doc Download (14kB) |
|
Text
5 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.doc Download (20kB) |
|
Text
7 ABSTRAK.doc Download (20kB) |
|
Text
8 PRAKATA.doc Download (28kB) |
|
Text
- DAFTAR ISI.doc Download (73kB) |
|
Text
9 BAB I.doc Download (36kB) |
|
Text
10 BAB II.doc Download (80kB) |
|
Text
11 BAB III.doc Download (64kB) |
|
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.doc Download (20kB) |
|
Text
14-15 DATA HASIL BELAJAR SIKLUS 1.doc Download (118kB) |
|
Text
28-29 DATA HASIL BELAJAR SIKLUS 2.doc Download (117kB) |
|
Text
31 DOKUMENTASI PENELITIAN.doc Download (575kB) |
Abstract
Nia Astantia Rahman.2016. Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside-Circle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IVA SDN 60 Moncongloe Lappara Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. Skripsi Dibimbing oleh: Drs. Latri Aras, S.Pd., M.Pd. dan Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside-Circle untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IVA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inside-Outside-Circle untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IVA. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus Penelitian adalah penerapan model pembelajaran Inside-Outside-Circle dan meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IVA. Dalam kegiatan pelaksanaan penelitian ini, peneliti bertindak sebagai guru dan guru kelas IVA bertindak sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini yakni 28 siswa yang terdiri dari 15 Laki-Laki dan 13 Perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yaitu analisis data kualitatif deskriptif. Berdasarkan pelaksanaan dan analisis data, penelitian ini menunjukkan penerapan model Inside-Outside-Cicle, berjalan dengan baik terlihat dari aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup karena masih ada indikator pembelajaran yang belum terlaksana dan pada siklus II berada pada kategori baik dan telah mencapai indikator keberhasilan karena guru hampir sepenuhnya melaksanakan indikator sesuai langkah pembelajaran. Aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup karena belum mencapai indikator keberhasilan dikarenakan masih ada siswa yang belum aktif dalam pembelajaran dan pada siklus II berada pada kategori baik karena telah mencapai indikator keberhasilan dikarenakan hampir seluruh siswa aktif dalam pembelajaran. Setelah penerapan model Inside-Outside-Cicle, hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan hal ini terlihat pada siklus I hasil belajar siswa belum mencapai indikator keberhasilan dengan KKM 70 dan meningkat pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan dengan KKM 70. Dengan demikian penerapan model Inside-Outside-Cicle dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IVA SDN 60 Moncongloe Lappara Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 05:44 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 05:44 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29528 |
Actions (login required)
View Item |