PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD INPRES BULOGADING II KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA

RISWAN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD INPRES BULOGADING II KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA.

[img] Text
ABSTRAK RISWAN.docx

Download (119kB)
[img] Text
bab 1.docx

Download (33kB)
[img] Text
bab 2.docx

Download (43kB)
[img] Text
bab 3.docx

Download (36kB)

Abstract

Riswan. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (Tps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres Bulogading II Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Nurhaedah, M.Si dan Drs. Latri Aras. S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS Kelas V SD Inpres Bulogading II Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair And Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres Bulogading II Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair And Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres Bulogading II Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan hasil belajar IPS siswa. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) mengalami peningkatan yaitu pada siklus I berada pada kategori Kurang (K) dan siklus II berada pada kategori Sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres Bulogading II Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:34
Last Modified: 06 Jun 2023 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29526

Actions (login required)

View Item View Item