PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA (MEMBACA) SISWA KELAS IV SD INPRES MALLENGKERI 2 KOTA MAKASSAR

Annisa Nur Qomariyah (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA (MEMBACA) SISWA KELAS IV SD INPRES MALLENGKERI 2 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul.rtf

Download (248kB)
[img] Text
SAMPUL HAL i.rtf

Download (266kB)
[img] Text
MOTO.rtf

Download (65kB)
[img] Text
ABSTRAK.rtf

Download (85kB)
[img] Text
PRAKATA.rtf

Download (235kB)
[img] Text
SKRIPSI.rtf

Download (813kB)
[img] Text
DAPUS.rtf

Download (71kB)
[img] Text
(17)OS siklus 2.rtf

Download (438kB)
[img] Text
(24)HASIL SIKLUS 1 &2.rtf

Download (238kB)
[img] Text
(22)HASIL TES EVALUASI 2.rtf

Download (485kB)
[img] Text
(29) LAMPIRAN fto.rtf

Download (34MB)
[img] Text
RIWAYAT PENDIDIKAN.rtf

Download (1MB)

Abstract

Annisa Nur Qomariyah, 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (membaca) Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Inpres Mallengkeri II Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom.,M.Pd dan Drs. Mufa’adi, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar (membaca) siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Inpres Mallengkeri II Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia (membaca) siswa kelas IV di SD Inpres Mallengkeri II Kota Makassar. Adapun penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dalam meningkatkan hasil belajar (membaca) Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpres Mallengkeri II Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Tiap siklus dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yakni 1) Penerapan Strategi Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC), 2) Hasil Belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia (membaca) melalui strategi Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkat dengan melaksanakan langkah-langkah pada strategi Inside Outside Circle (IOC) dan hasil tes tiap siklus. Subjek penelitian yakni 1 orang guru dan 28 siswa yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, dan tes. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan tahapan menelaah data, mereduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama menunjukkan kategori cukup dan pertemuan kedua meningkat menjadi kategori baik sedangkan siklus II pertemuan pertama dan pertemuan kedua menunjukkan kategori baik. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama berada pada kategori kurang dan pertemuan kedua berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II pertemuan pertama dan pertemuan kedua berada pada kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia (membaca) dari kategori kurang pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II. Dengan demikian Penerapan Strategi Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia (membaca) siswa Kelas IV SD Inpres Mallengkeri II Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:28
Last Modified: 06 Jun 2023 03:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29525

Actions (login required)

View Item View Item